Peluncuran Streaming LITE, Jelita dan Kelas Kominfo SMKN 1

Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi dalam sambutan secara virtual menyampaikan pesatnya perkembangan informasi harus disikapi serius sejak dini karena berdampak luas terhadap masyarakat.

”Saya mengapresiasi kolaborasi tiga dinas dilingkungan Pemko Dumai sebagai terobosan sangat bagus untuk mengedukasi publik dalam menghadapi tantangan terbukanya arus informasi. Melalui peluncuran streaming Dumai LITE, Jendela dan Kelas Kominfo SMKN 1 Dumai Pemerintah Kota Dumai menaruh harapan besar agar program ini memberi kontribusi positif sehingga kita berhasil melakukan inklusi sosial,” ujar Zulkifli AS.

Senada itu Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE menyambut antusias peluncuran Streaming Dumai LITE, Jendela Literasi dan Inspirasi (Jelita) dan Kelas Kominfo SMKN 1 Dumai dalam tatanan kehidupan baru. ”Saya melihat kerjasama tiga dinas ini luar biasa, karena memang informasi itu jangan sampai diterima parsial dalam menterjemahkan informasi. Semoga peluncuran ini mampu mengedukasi positif kepada masyarakat luas,” ujar Eko Suharjo.

Kepala SMKN 1 Dumai, Drs Dian Dini menyatakan komitmen untuk bergabung dalam kegiatan Kelas Kominfo khususnya di Kota Dumai dan sebagai penggerak Kelas Kominfo (KK) di Kota Dumai. Dia berharap kegiatan KK dapat berkesinambungan dan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan serta berharap partisipasi tiga dinas yang memiliki peran penting dalam mensukseskan program KK tersebut.

”SMKN 1 Dumai sebagai sekolah pengembang Kelas Kominfo di Kota Dumai dengan merangkul sekolah lainnya baik tingkat SMA/SMK, SMP dan SD. Saya juga berharap kegiatan KK ini dapat berjalan lancar sebagaimana diharapkan bersama serta bisa menjadikan kerjasama yang baik ini terus berkelanjutan,” harap Dian Dini.

Kadiskominfo Kota Dumai Drs Muhammad Fauzan menuturkan perkembangan teknologi dan informasi sangat pesat ada yang berdampak positif dan negatif, dalam rangka fasilitasi bidang teknologi dan informasi launching streaming lite guna memberikan informasi terhadap program yang telah dilaksanakan pemerintah dan anak didik. ”Bagaimana mengedukasi anak didik untuk memfasilitasi informasi dan literasi kepada anak didik sehingga tidak berkembang informaso tak jelas atau hoax,” ungkap Fauzan.

Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Lilik Irianti mengatakan peluncuruan kelas Kominfo diluncurkan di SMAN 2 Tambang Kabupaten Kampar pada tahun 2018. Ekskul kelas Kominfo ini bertujuan untuk mengkampanyekan peserta didik akan sadar prilaku, lingkungan serta narkoba, mengubah mindset siswa dalam mengggunakan teknologi informasi dengan tepat dan bijak serta mengubah prilaku menyimbang serta membentuk krakter terpuji.

”Kelas kominfo ini adalah untuk menggali potensi siswa untuk kreatif dan inovatif dalam program program yang telah disiapkan oleh tim kelas kominfo. Di dalam kelas kominfo nantinya terdapat 5 Kampanye Sadar plus diantaranya sadar literasi narkoba sadar literasi generasi, sadar generasi lingkungan, sadar literasi perilaku dan sadar generasi gawai,” paparnya.(des)

No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *